Jangan Lupa Kasi Coment Yaa!!!
Unknown
Tersirat sebuah tanya di benak kita saat membaca sebuah kata yaitu Wawondula. Lalu apakah WAWONDULA itu sebenarnya??

Wawondula Luwu-Timur Kecamatan Towuti

Anda dapat membayangkan suatu desa kecil nan Sejuk, Indah, Ramah, Asri, Go Green, dan Menyenangkan, sesimple itulah wawondula itu dapat di gambarkan. Wawondula pada dasarnya merupakan daerah yang berada pada kawasan kabupaten Luwu-Timur, kecamatan Towuti yang jaraknya kurang lebih 20 Km dari soroako. Kenal soroako kan?? (itu lho tempatnya PT. INCO yang sekarang menjadi PT. VALE INDONESIA, salah satu perusahaan NIKEL terbersar di dunia), kalau belum tahu tanya om google gih, :)

Oh ya, Wawondula terbagi menjadi 5 Desa kecil yaitu Desa Baruga, Desa Wawondula, Desa Lioka, Desa Langke Raya, dan Desa Asuli. Kesemuanya itu bersatu dan terbentuk lah Wawondula nan Indah ini. Jangan katakan saya lebay, Sebab itulah kenyataannya, hihi :)

Penduduk Wawondula sangat banyak dan berasal dari berbagai suku, dengan suku yang heterogen seperti ini membuat wawondula dipenuhi dengan berbagai adat dan istilah masing-masing suku yang ada, Jadi jangan anda heran jika semua suku ada disana. Ada suku Toraja, Padoe, palopo, Bugis, Mandar, makassar, Jawa, kalimantan, dan sebagainya. Namun banyak yang mengatakan bahwa penduduk aslinya yaitu berasal dari suku PADOE.

Dapat dikatakan wawondula juga sebagai daerah transit. kenapa demikian??
Pernah kah anda mendengar mengenai DANAU TOWUTI, yang ada di Timampu, Atau daerah penghasil kayu garut Lampesue?? Jika pernah, maka untuk menuju ke daerah tersebut dengan kendaraan bermotor maka harus melalui wawondula terlebih dahulu. Begitu pula sebaliknya, semua hasil alam daerah itu seperti kayu, ikan, dan lain sebagainya harus melalui Wawondula terlebih dahulu sebelum di bawa ke tempat lain / ekspor.



Jangan mengira wawondula itu Desa yang Belum atau Tidak memiliki Listrik. Wawondula sudah terang benderang dengan listrik, Konsumsi listrik penduduknya juga sangat tinggi, Hampir sebagaian besar warga masyarakatnya memiliki daya listrik 1300VA. Bagaimana tidak, Listrik yang mengalir dan digunakan oleh penduduk wawondula berasal dari 3 (tiga) buah Pembangkit Listrik Tenaga Air yaitu PLTA Larona, PLTA Balambano, dan PLTA Karebbe yang baru awal tahun 2012 ini siap digunakan. Tetapi jangan mengira semua PLTA itu menyuplai ke wawondula dan daerah sekitarnya.
Sebenarnya ketiga PLTA tersebut merupakan milik sebuah Perusahaan Swasta yaitu PT.INCO Tbk yang sudah berganti nama menjadi PT. Vale Indonesia, mereka membangun PLTA untuk menyuplai kebutuhan Listrik mereka sendiri. Masing-masing pembangkit menyuplai Listrik lebih dari 100 MW bahkan ada yang melebih 150MW, dan yang digunakan atau yang diberikan kepada pemerintah dalam hal ini PLN yaitu 10 MW. Nah Listik dari PLN inilah yang digunakan oleh seluruh Masyarakat di seluruh kabupaten Luwu Timur dengan membayar tiap bulannya tagihan listik pada PLN, Jadi tidak gratis.


Wawondula itu dapat dikatakan Desa tetapi dalam hal Fasilitas dan Infrastruktur, tidaklah sama dengan Desa pada umumnya. Wawondula memiliki banyak sekali tempat ibadah, Mesjid dan Gereja tersebar dimana-mana, makanya bagi anda yang ingin berkunjung tidak usah khawatir mengenai tempat ibadah. terdapat lebih dari 10 Mesjid besar dan Lebih dari 10 Gereja besar. Mengenai kerukunan antar umat beragama juga tidak pernah ada pertikaian, sejak saya hidup belum pernah ada konflik Horisontal antar umat beragama yang terjadi. Selain itu Pasar, Rumah sakit, Sekolah mulai TK (banyak), SD (4 sekolah), SMP (2 Sekolah), SMA (2 sekolah), juga Car wash, Playground (Area bermain anak), Sport Center (Lapangan Bola, Tennis, Badminton, Volley, dll) tersebar dimana-mana, penjual alat-alat Elektronik juga banyak, Halte Bis, Tempat Permandian, Terminal, Food Court, Tempat penjualan bersin, juga sangat banyak.
Bagi anda pecinta "Dunia Malam", juga banyak di wawondula, cafe-cafe yang pekerjanya rata-rata wanita cantik nan seksi dapat memanjakan anda dengan berbagai hiburan malam ala perkotaan. Bagi anda Pecinta Hiking (Pendaki Gunung), datanglah ke wawondula sebab wawondula dikelilingi oleh gunung-gunung yang tinggi nan cantik, salah satunya yaitu GUNUNG WAWEMEUSA (Sulit mengejanya), dan lain-lain. Terdapat Pula GOA TENGKORAK dan GOA KELELAWAR. 
Salah satu yang juga penting adalah seluruh jalan di wawondula telah ber-ASPAL sehingga anda tidak perlu lagi menghirup debu-debu di jalan.


Anda Butuh udara yang segar?? Datanglah di wawondula, Udara masih sangat asri sebab Pepohonan dan pegunungan ada di mana-mana, Soal AIR, wawondula lah tempat air bersih yang tiada taranya. Air yang asli berasal dari pegunungan yang mengalir di dalam tanah membuat airnya enak dan sejuk.


SEKOLAH mulai dari SD, SMP, dan SMA semuanya GRATIS, tidak perlu membayar. Pengobatan di Puskesmas juga GRATIS. Pemerintah Luwu-Timur memberikan kemudahan setiap warga masyarakatnya agar dapat memperolah pendidikan dan pengobatan yang layak.


Begitu banyaknya keindahan Wawondula sehingga saya harus mengatakan bahwa anda tidak akan menyesal bila berkunjung ke Wawondula ( Kota di Tengah Hutan ), Segala yang anda butuhkan tersedia di sini. 


Berikut, merupakan gambar-gambar mengenai wawondula yang saya ambil sendiri dan berasal dari sumber lain yang juga mencintai wawondula:



  • Pasar Wawondula
Source : komunitaswawondula.blogspot.com
Pasar ini seluas kurang lebih 300 meter persegi dan memiliki banyak sekali lapak penjualan yang menawarkan berbagai jenis barang dagangan yang harganya murah dan bersahabat. Hari SABTU merupakan hari PASAR dimana semua penjual dari berbagai daerah Luwu Timur datang untuk menawarkan dagangannya sehingga pada hari sabtu pagi mulai pukul 07.00 sampai 12.00 pasar sangat ramai dan padat sekali.

  • Salah satu Sekolah Dasar yaitu SDN 1 Parahua

Source: tripmondo.com
  • Puskesmas Wawondula + Rumah Sakit Rawat Jalan PT.INCO

Source: Komunitaswawondula.blogspot.com


  • Gunung Wawemeusa Wawondula
Gunung yang tingginya mencapai 1500m


  • PlayGround / Tempat bermain anak

Terletak di depan pasar Wawondula



  • Lapangan Bola (Lapangan Soriorio)
Terletak di Depan Kantor Camat Towuti



  • Lapangan Volley 
Terletak di depan Pasar Wawondula
  • Lapangan Tennis
Terletak di samping Lapangan Bola Sorio-rio


  • Mesjid Al-Kautsar (Maaf bila ada kesalahan penulisan)

  • Car and Motor Wash / Tempat pencucian Motor dan Mobil
Terletak di Depan Mesjid Al-kautsar

Indah kan Wawondula itu?? Saya bangga menjadi penduduk wawondula. Jika anda tertarik dan ingin datang ke wawondula, saya siap membantu anda. Banyak team yang siap membantu anda menikmati Wawondula dan Daerah sekitarnya (Pantai Ide (Soroako), Pantai Towuti (Timampu), PLTA (Larona, Balambano, Karebbe), Diving di Danau Matano ( Soroako), and Many more.


Copyright @efraim anak wawondula. 2012
25 Responses
  1. melda Says:

    Salut deh,bangga punya kk kelas yg bsa mempublikasikan daerah kitA,Trus d kembngkan yah


  2. Unknown Says:

    Hihi.. Makasih Melda...


  3. yopin picol Says:

    waaw,,,,dlu kita pernah tinggal d wawondula,,tp skrang wawondula so lebe tambah cantik depe kampung nochhhh...!!!!! by. yopie d gorontalo


  4. Unknown Says:

    iaa,,, mas... wawondula sudah cantik sekarang...
    Dtang lagi donk ke wawondula...


  5. Anonim Says:

    kangen sekali saya dengan desa ini,saya pernah tinggal disana th 1989-1991,waktu itu ada pasar yg masih sederhana,lapangan bola serta sekolahan,masih adakah temen2 saya disana ?


  6. Unknown Says:

    Hahaha,,, Psti tman2nya masih ada disana... skr wwdula sudah ramain n enak di pandang... Datang lah lagi ke wwdula gan...


  7. Anonim Says:

    Jd pengen ke wawondula lagi gw........


  8. Anonim Says:

    Hmmmm.......
    Nie blog jd ngebuat gw kangen ma wawondula........
    Jd ingt masa2 skul dlu.......
    Kapan ya bsa k wawondula lg,desa yg penuh dengan kenang2n masa lalu....


  9. Unknown Says:

    Haha... di kunjungi atuh kalo pengen ke wawondula..
    makin asik wwdla sekarang mah...


  10. Anonim Says:

    bingung namanya g.wawemeusa atau wawomeusa??


  11. Anonim Says:

    klo bsa masukin jga tentang gua tengkorak sama gua kalilawarx... untk para mountener wawemeusa bsa d tes jalur trackx,,, nah untuk para caver bisa d gua tengkorak dan kalilawar,,, wawondula itu menyimpan banyak keindahan alam d dalamnya cuman sayang kurang diperhatikan oleh pemerintah,,, nah sekarang klo bukan kita org2 yg hidup d atas tanahx siapa lagi yang mau melestarikannya... agung sujarwo mapala akba makassar 085656352722


  12. Unknown Says:

    yang benar itu g. Wawomeusa, dan goa Kelelawar.

    yg Z kira goa kelelawar itu lebih bgus dri goa tengkorak, kenapa saya katakan seperti itu, karena jalur menuju goa kelelawar sangat menantang dengan harus melewati bukit2, hutan dan untuk mencapai mulut goa, kita mesti harus menaiki bahkan bisa dikatakan memanjat, jalur dengan kemiringan hampir 75 derajat..
    kpan2 kita sma2 caving kesana.


  13. Unknown Says:

    Hehehe... Betul banget tuhh... Selain tuh bau goa kelelawar yang berbau sperti seperti bau ketek mnambah serunya goa kelelawar...

    jika teman2 punya fotonya di share ke saya yah biar tak masukin sebagai salah stu kekayaan wawondula...


  14. rindu masa kecil di sana,,


  15. Anonim Says:

    kata orang vale boleh.......... ko wandula


  16. Unknown Says:

    wawondul...always miss u..22 years ago i was there with my childhood..i am waiting times to come again.
    thanks bro for this blog u make great job....i can see wawondula from overseas...wawondula the best....RONNY MAARUF


  17. Unknown Says:

    Hmm.. thanks Ronny.. Wawondula ia a small village but it has incomparable memories for those who once lived there. Come back whenever you have time , many things have changed there but it still being a beautiful and quiet village for me.

    Anyway, if I'm not mistake, your're my neighbor in Wawondula... Hehe


  18. rusman syaputra Says:

    i miss you kmpung halaman onedula...


  19. Unknown Says:

    Hehee.. kampung halaman juga merindukan kamu,,


  20. Unknown Says:

    well...tq bro for recognized me i appreciate that, send my greetings to all....bravo wawodula.... Ronny Maaruf---jln.Langsat no.19


  21. Unknown Says:

    Yups Mr. Ronny...


  22. hamka muslimin Says:

    Aku lahir dan besar disana. Sy salah satu tamatan SD 464 parahua.
    Sudah 20 thun km kutinggalkn. Semoga tanah kelahiranku masih tetap hijau seperti dulu. Insya Allah ada kesempatan sy ksana lg.. ....


  23. Unknown Says:

    Aku SD 330 Matompi gan... Selamat bergabung dengan komunitas pecinta Wawondula...


  24. Unknown Says:

    Saya baru tiba d Soroako dan kerja d kontraktor vale... Liat blog nya saya tertarik ingin k sana, da yg bsa anter saya nikmatin wawandula... ni no saya 08111180689... thx


  25. Unknown Says:

    08111180689, saya baru tiba d Soroako.... Dan saya lagi cari barengan untuk nikmatin alam deket2 sini... Ada yg bsa ajak saya nikmatin alam wawandula.... kl da, tolong hubungi k no saya yah.... Thx


Posting Komentar

Kasi Coment yaaahh Teman-teman,,,
kalau gak punya Account di Google, Wordpress, dll pilih saja
Name/URL lalu ketik nama kamu atau pilih
Anonymous saja, tdk perlu pakai nama.
ATAU kirim aja pesan kamu ke email ku, sertakan No HP mu agar dapat saya hubungi. Oke

LEAVE YOUR COMMENT PLEASE!! Jangan Lupa Tinggalkan Coment Kamu Yaa!!!