Jangan Lupa Kasi Coment Yaa!!!
Efraim Masarrang

Cara mengubah / Mengedit Subtitle Film dengan Format SRT 
Pernahkan Anda Mendownload Film / Movie dari cinema3satu.blogspot.com ? jika iya, maka anda tidak akan asing lagi dengan file yang berekstensi SRT, sebab file tersebut yang dapat digunakan untuk memunculkan teks percakapan atau subtitle, namun kebanyakan dari file tersebut tidak sesuai dengan percakapan dalam film tersebut, sehingga untuk menyesuaikannya kita harus dapat mengedit atau mengubah subtitle tersebut, Berikut merupakan tutorial yang dapat anda gunakan untuk mengedit subtitle tersebut:
berikut adalah CARA MUDAH MENGUBAH / MENGEDIT SUBTITLE FILM
Subtitle Perlu gak…??.
banyak orang yang mengatakan bahwa subtitle itu sangat penting, mengapa??
ternyata dalam penerapannya, subtitle sangat membantu dalam memahami alur cerita dari sebuah Film.
Terlebih kebanyakan orang belum bisa mengartikan/mengerti percakapan – percakapan yang terdapat pada film-film asing yang tanpa subtitle.
lalu… pertanyaannya, gimana caranya memberi subtitle??…
Okehh,, saya akan coba jelaskan…
Subtitle, Apa itu?
Subtitle atau lebih sering dikatak Teks berjalan adalah teks terjemahan yang biasanya terletak di bagian bawah video yang sedang diputar.
Subtitle sangat penting bagi penggemar film yang belum mengerti apa yang dikatakan aktor/aktris dalam film tersebut secara langsung..
File berekstensi .SRT
.SRT File adalah sebuah file kecil yang berekstensi (.SRT) dan berisi terjemahan dari sebuah video. File ini tidak memakan banyak memory karena biasanya berada dalam kisaran KB (Kilo Byte). Tehnik penerjemahan melalui .SRT file ini cukup populer dikalangan Subber-fansub. para Subber-fansub ini menerjemahkan dialog-dialog dalam video kemudian menyebarkannya untuk fans lain di internet secara gratis. Jadi bila teman2 mendownload sebuah file yang berekstensi .srt maka itu adalah substitle (misalnya: efraim.srt)
Bagaimana Cara Membuatnya?
Sangat mudah, kita hanya membutuhkan sebuah program bawaan Operating Sistem misalnya:
Windows disebut NOTEPAD
Mac OS disebut TEXT EDIT
Membuat File SRT
Format untuk tipe .SRT sendiri sederhana dan mudah dimengerti, bentuknya seperti :
1  = ( disebut juga Session atau bingkai dialog yg ada pada sepersekian detik adegan)
00:00:00,567 –> 00:00:05,902 = Waktu terjemahan ditampilkan (jam:menit:detik:milidetik)
Untuk file srt, digunakan apa yang disebut angka sesi. Yaitu 1,2,3, dan seterusnya diawali sebuah perintah tampilan terjemahan.
Jika anda ingin terjemahan berupa 2 baris, cukup di ketik di bawahnya saja pada saat penulisan sebuah percakapan dengan tekan Enter, setelah itu di teruskan dengan percakapan di menit lainya.




Mengedit File SRT
Selanjutnya adalah cara mengedit Substitle yang telah ada sebelumnya:
1. Cari subtitle inggris yang cocok dengan film yang kita miliki (om google bisa bantu)..
2. Buka subtitle tersebut dengan notepad, lalu terjemahkan bahasanya dengan cara, dicopy pastekan ke software kamus bahasa (misalnya http://translate.google.com). jika bisa menerjemahkan sendiri lebih baik lagi…
3. Jika menggunakan google translate jangan langsung dicopy pastekan semuanya, bagi film/movie yang percakapanya lebig dari 1000 pembicaraan. Karena google translate hanya bisa menterjemahkan kurang kebih  5000 kata dan itu biasanya 600-700 percakapan saja. Apabila dipaksakan biasanya ada yang tidak dikeluarkan dalam hasil translatenya. hal ini dapat di lakukan dengan cara bertahap.
4. jika sudah diterjemahkan semuanya maka buka dinotepad baru, maka biasanya ada yang berbeda dengan di subtitle aslinya yaitu tanda panahnya berkurang satu tanda ( – ) ,yang seharusnya ( – ->) menjadi cuman( ->) , untuk itu kita harus merubah semuanya menjadi seperti semula, klo sempat bs juga dirubah satu persatu…He..he….. itu akan menghabiskan waktu yang lama dan mungkin anda semua ngga akan sabar karena jumlahnya bisa 1000 lebih, itu bisa diakali dengan menggunakan bantuan microsoft word. caranya sebagai berikut
  • Copy seluruh tulisan translate nya
  • Blog text minus dan panah (->). Kemudian menggunakan bantuan Fine and Replace untuk merubahnya yaitu tombol cepatnya ( Ctrl+F) dan akan muncul kolom seperti di bawah ini yaitu gambar sebelum dan sesudah.
Sekedar info saya menggunakan Program Microsoft Office Word for Mac 2008
  • Setelah pengeditan ini dilakukan copykan kembali pada notepad yang anda buat dan save.
  • Translate yang ada buat telah selesai dan saatnya play dengan cara memberi nama yang sama dengan filmnya/movienya.., atau juga di upload manual.
Berikut adalah Contoh Teks Film The Karate Kid yang teksnya telah saya ubah:
klik gambar untuk memperbesar
Teman2 Pembaca Selamat mencoba,
Oh yaa,, Perlu di diperhatikan  kata-kata apapun yang anda tuliskan pada subtitle akan keluar pada saat play di waktu yang anda tentukan,
JANGAN mengubah tanda titik,koma,kurung dll yg ada pada format subtitle karena software player tidak akan membacanya.

POSTED BY:

| edit post
Reaksi: 
8 Responses
  1. 21-Ahmad Says:

    Trim's bro atas infonya yang sangat bermanfaat. Aku mau coba dengan cara yang anda telah paparkan diblog ini. Maju terussss....semoga sukses.


  2. Anonim Says:

    thx alot
    nice blog, masbroo


  3. Iyaa agan agan semua... makasih udah ngebaca tutorial saya,,, semoga bisa membantu... jangan lupa baca juga artikel yg lain yah... thax...


  4. sangat membantu......


  5. iaa thanks yah dah brkunjung...


  6. Anonim Says:

    Mas boss di editin sub. Indo.nya Film the Texudo yo...aku Dah coba edit Sub Eng.nya biar jadi indo menggunakan Google translate bolak balik tetep ga2l.klo udah tlong kirim ke Email spy.xray@yahoo.co.id. plis....


  7. Hmm,,, hehehe maaf yah gan...
    skarang sy lagi susun skripsi nih...
    hehe,,, blum ada wktu untuk skrng ini,..

    nnti lah kalo ada wkt ak krimin,,,

    untuk sementara agan bisa request bwat di translate-in ke website ni, gratis kock:
    http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=26907&p=1142361&viewfull=1#post1142361


  8. Elok tenan! Ternyata gampang juga, ya! Makasih, gan infonya!


Poskan Komentar

Kasi Coment yaaahh Teman-teman,,,
kalau gak punya Account di Google, Wordpress, dll pilih saja
Name/URL lalu ketik nama kamu atau pilih
Anonymous saja, tdk perlu pakai nama.
ATAU kirim aja pesan kamu ke email ku, sertakan No HP mu agar dapat saya hubungi. Oke

LEAVE YOUR COMMENT PLEASE!! Jangan Lupa Tinggalkan Coment Kamu Yaa!!!